Kota Depok sangat berpotensi sebagai Destinasi Wisata Religi (Edisi Jejak Waliyuallah Lie Suntek atau Santri Bethot, Depok, Jawa Barat)


Daerah di sekitar Makam Lie Suntek, Tapos, Depok, Jawa Barat

Ketika kita hendak berpergian berwisata religi untuk berziarah dan mengenal sosok wali Allah di sebuah daerah yang dikenal dengan makam walinya seperti Kudus, Demak atau bahkan di Pulau Bali, kita dipermudah dengan banyaknya informasi yang lengkap mengenai lokasi makam dan sejarah perjuangan wali tersebut. Tidak jarang banyak jasa tour travel yang mengatur perjalanan wisata ziarah wali tersebut.

Bila kemudian ketika kita memutuskan sendiri untuk mencari makam wali Allah di daerah yang terkenal akan makam wali tersebut, kita bertanya pada penduduk sekitar dengan mudah mereka akan mengerti dan menunjukkannya kepada kita. Tetapi sangat berbeda dengan Kota Depok. Kota yang dikenal dengan kota pelajar karena banyak terdapat perguruan tinggi (Universitas Indonesia salah satunya), sangat sedikit sekali memiliki informasi mengenai tokoh pejuang Islam yang dimakamkan di Kota Depok. Padahal Kota Depok sangat berpotensi sebagai destinasi wisata religi.


Pusara Suci wali Allah yang dimakamkan di sekitar mata air kali Sunter
Lie Suntek atau Ki Kuning atau Santri Bethot

Salah satunya adalah sosok Lie Suntek, pejuang Islam yang dimakamkan di keramat Poncol Rt. 03 RW 05 Kelurahan Cilangkap Kecamatan Tapos Kota Depok di sekitar Mata Air Kali Sunter. Beliau dikenal oleh masyarakat sekitar dengan nama Ki Kuning. Mbah Dalem Kuning Lie Suntek adalah Putra Panji Wanayasa yang beristrikan seorang Cina Batavia. 

Lie Suntek alias Santri Bethot yang menjadi salah satu penasehat khusus dan bendaharawan Kerajaan Banten pada tahun 1682. Menurut blog historischen berpeti peti harta kerajaan Banten diduga disembunyikan oleh pasukan santri Bethot disepanjang aliran kali Sunter. 


Pepaya Spesial dengan dahan yang lebih dari satu batang
di sekitar mata air Kali Sunter

No comments:

Post a Comment