Komplek Makam Aria Wangsa Goparana di Sagalaherang, Subang, Jawa Barat (Edisi Ziarah Makam Wali Subang)

Mushola Al Ikhlash yang terdapat
di Komplek Makam Aria Wangsa Goparana

Berziarah ke makam wali Allah Subang, Aria Wangsa Goparana pada sabtu 18.00 Februari 2014 memberikan kesan yang sangat luar biasa.

Sebelum berziarah, kami melaksanakan sholat Magrib dimushola al Ikhlas di kawasan makam waliyuallah Subang, Aria Wangsa Goparana. Air wudhu diambil dari sumur tak bernama, yang kata juru kunci makam tersebut telah ada sejak dulu dan tak pernah kering.

Pak Ami, juru kunci makam Aria Wangsa Goparana mengatakan sumur itu disebut sumur nangka beurit karena nama komplek makam tersebut.

Sumur Nangka Beurit

Memasuki makam Aria Wangsa Goparana, angin sejuk dan kekhusyukan tercipta. Makam berada pada bangunan cungkup permanen dengan atap tumpang dari bahan genting. Pintu masuk cungkup berada di sisi timur. Pada dinding sisi utara, barat, dan selatan terdapat jendela kaca.

Nisan makam dibungkus kain putih sehingga bentuknya sulit diketahui. Seluruh bangunan di kompleks makam ini merupakan bangunan baru yang pemugarannya dilaksanakan pada 25 Maret 1984 dan peresmiannya pada 27 Mei 1984.

Bangunan Cungkup Makam Aria Wangsa Goparana

Makam waliyuallah Subang, Aria Wangsa Goparana terletak di Komplek makam keramat Nangka Beurit di Sagalaherang kaler, kecamatan Sagalaherang, Subang, Jawa Barat. Setiap hari peziarah dapat berziarah ke Makam Aria Wangsa Goparana kecuali Jumat setelah pukul 14.00 hingga Sabtu pukul 18.00.

Rute yang dapat ditempuh untuk berziarah ke Aria Wangsa Goparana adalah dengan mengambil arah lembang - jalan Tangkuban Perahu lurus saja, kemudian pada perempatan Sari Ater belok ke kiri (kebun Teh).

Ketika tiba di perempatan ( disebelah kiri terdapat masjid, dikanan lapangan) lurus saja hingga terdapat papan bertuliskan komplek makam Nangka Beurit.

No comments:

Post a Comment