Bagaimana berziarah ke Walipitu di Bali tanpa menggunakan guide?

Bagaimana berziarah ke Walipitu tanpa menggunakan guide? Itulah yang menjadikan kami memberanikan diri untuk menelusuri Bali dari Selatan menuju ke Barat lalu ke Utara lalu ke Timur. 

Alhamdulillah kondisi jalan dan lalu lintas di Bali memungkinkan kami untuk berziarah dengan tepat waktu. Dibantu dengan kondisi sinyal 3G yang selalu "on" mempermudah pencarian lokasi ke tujuh makam Walipitu. 

Tetapi tidak semua lokasi Walipitu kami temukan dengan mudah dengan bantuan googlemaps atau waze. Bantuan informasi dari masyarakat sekitar lokasi makam keramat Walipitu pun diperlukan.

Berikut adalah daftar alamat makam Walipitu di Bali 

1.  Pangeran Mas Sepuh
 (Raden Amangkuningrat)
     Keramat Pantai Seseh

Berada di pinggir Pantai Seseh, Mengwi, Kabupaten Badung, Bali.


Makam Syeh Ahmad Hamdun Khoirussoleh
(Pangeran Mas Sepuh) 

Walipitu Keramat Pantai Seseh, Bali

Apabila dari Bandara Ngurah Rai, Bali jaraknya adalah 21,8 km memakan waktu perjalan 45 menit tanpa macet dengan melalui jalan tol Mandara lalu keluar ke Denpasar.

Setelah itu ambil ke arah jalan Raya Kerobokan. Jalan yang ditemui kanan kiri adalah sawah. lalu pada perempatanbelok kanan yaitu jalan raya Canggu, ada pertigaan sebelum by pass Canggu. 

Pelan pelan maka di kiri jalan kita akan melihat warung makan Adit dan pohon beringin besar lalu belok kiri menuju Pantai Seseh (Munggu). Siap- siap untuk belok kanan menuju tepi Pantai Seseh. Mentok ke Pantai Seseh cari Banjar Seseh. 

Lokasi makam berada di sebelah kanan Banjar Seseh (Tepi Pantai Seseh). Pintu masuk terdapat gapura besar. Untuk dapat berziarah ke Makam Pangeran Mas Sepuh (Raden Amangkuningrat) harus menghubungi Bapak Mangku yang memegang kunci.

2. Syekh Maulana Yusuf Al-Baghdi Al-Maghribi

Berada di Makam Karang Sokong, Jalan Nenas Bungaya Kangin. Desa Subagan Amlapura Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem, Bali.


Makam Keramat Kembar, Syech Maulana Yusuf
Walipitu Karangasem, Bali

Apabila dari arah Denpasar ambil ke arah Pelabuhan Padang Bay. Lurus terus menuju Pantai Candidasa. Sampai lampu merah (ada patung arjuna) maka ambil arah ke kiri Jalan Kuncaragiri arah Bebandem dan Karangasem. Setelah pemakaman keluarga Telagamas, Karangasem, Makam keramat Habib Ali bin Zainal Abidin Al Idrus. 100 meter di kanan jalan adalah Makam Syech Maulana Yusuf.

Apabila sudah menemui perempatan (kiri ke perumahan Islam, Kecicang.. kanan ke PemandianTirta gangga ..lurus ke Jalan Veteran) maka itu tanda sudah terlewat makam keramat Karang sokong , Syech Maulana Yusuf

3. Habib Ali bin Umar bin Abu Bakar Bafaqih

Berada di Jalan Semangka, Loloan Barat,  Negara, Kabupaten Jembrana, Bali.

Makam Habib Ali bin Umar bin Abu Bakar Bafagih
Makam Waliyuallah Bali, Wali Keramat Jembrana, Bali

Dari Jalan Denpasar Gilimanuk ambil kiri ke arah Jalan Ngurah Rai lalu ambil Jalan Gunung Agung , Jalan Katulampu. Lalu kita harus memarkir kendaraan kita di Jalan Semangka dan berjalan kaki menuju lokasi Makam Habib Ali bin Umar bin Abu Bakar Bafaqih.

Makam Habib Ali bin Umar bin Abu Bakar Bafaqih di area Yayasan Syamsul Huda Jl. Kedondong 1 nomor 34 Loloan Barat, Negara, Kabupaten Jembrana, Bali

4.Habib Ali bin Zainal Abidin Al Idrus 

Berada di Jalan Nenas, Bungaya Kangin. Desa Subagan Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem, Bali.


Makam Keramat Kembar, Habib Ali bin Zainal AbidinWalipitu Keramat Karangasem, Bali

Apabila dari arah Denpasar ambil ke arah Pelabuhan Padang Bay. Lurus terus menuju Pantai Candidasa. Sampai lampu merah (ada patung arjuna) maka ambil arah ke kiri Jalan Kuncaragiri arah Bebandem dan Karangasem. Setelah melihat alfamart di sebelah kanan maka perlahan melihat ke sebelah kanan terdapat pemakaman keluarga Telagamas, Karangasem. 

Terdapat dua pintu maka ambil pintu paling ujung untuk masuk. Mobil dapat diparkir di ruko seberang makam Habib Ali bin Zainal Abidin Al Idrus.

5. Habib Umar bin Maulana Yusuf Al-Maghribi
Berada di Puncak Gunung Keramat Agung di dalam Kompleks Kebun Raya Bedugul.
Daerah Candikuning, Baturiti,Kabupaten Tabanan,Bali


Makam Walipitu, Keramat Bedugul, Bali
Habib Umar bin Maulana Yusuf Al Magribi

Berada di daerah Bedugul ( Danau Bratan atau Pura Ulundanu) selanjutnya mencari arah menuju Kebun Raya Eka Karya. Apabila dari Danau Bratan maka kita belok kanan di pertigaan (patokan patung jagung, indomaret).

Rumah pemegang kunci berada di samping Hotel Pelangi, Bedugul. Dengan Beliau kita akan didampingi naik Gunung Keramat Agung Bedugul. Untuk dapat ke Makam Keramat Habib Amar bin Maulana Yusuf Al Magribi kita harus mendaki gunung 2 jam (untuk yang belum berpengalaman naik gunung) dan turun lebih cepat yaitu 1 jam. 

6.  Syekh Abdul Qodir Muhammad
     (The Kwan Lie  / The Kwan Pao-Lie)
     Keramat Karang Rupit

Budakeling,Bebandem, Budakeling,Kecamatan Karangasem,Kabupaten Karangasem, Bali

Berada di pinggir kiri jalan menuju Pantai Lovina apabila dari arah Raya Gilimanuk. Disamping Restauran Mina Sari Murti.


Makam Syech Abdul Qadir Muhammad
The Kwan Lie , Makam Keramat Seririt

Dari Pelabuhan Gilimanuk maka kita akan belok ke kiri ke arah Taman Nasional Bali Barat. Harap berhati - hati menyetir karena masih terdapat banyak kawanan monyet/hewan yang menyeberang.

Ambil jalan menuju ke Singaraja (jalan Seririt - Singaraja) hingga terdapat per tigaan menuju Kota Seririt , kita ambil yang lurus menuju Pantai Lovina. Sebelum sampai ke Pantai Lovina terdapat daerah bernama Karang Rupit, di kiri jalan setelah Restaurat Mina Sari Murti terdapat makam keramat Walipitu, Syekh Abdul Qodir Muhammad, The Kwan Lie. 

Terdapat banyak orang berjualan buah - buahan. Parkir mobil yang luas berada di seberang jalan makam keramat Karang Rupit.  


7. Habib Ali bin Abu Bakar 
bin Umar bin Abu Bakar Al-Hamid

Berada di Perkampungan Muslim Kusamba Kusamba, Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali 


Makam Walipitu, Keramat Bedugul, Bali
Habib Ali bin Abu Bakar bin Umar bin Abu Bakar Al Hamid

Berjarak 1 jam dari Ubud, Gianyar. Makam Habib Ali bin Abu Bakar bin Umar bin Abu Bakar Al Hamid berada di pinggir pantai , perumahan Muslim Kusamba. 

Dari Denpasar : bypass Klungkung (Jalan Prof. Dr. Ida Bagus Mantra) terus hingga perempatan ambil kanan Jalan Kusanegara. Hingga berjumpa Pasar Kusamba belok kiri menuju Kampung Islam Kusamba terus hingga melewati mesjid lalu carilah KUA Kusamba. lurus terus di kiri jalan adalah makam Makam Habib Ali bin Abu Bakar bin Umar bin Abu Bakar Al Hamid.

Dari Karangasem : Setelah melewati Pantai Candidasa - pertigaan pelabuhan Padangbay lurus terus hingga mencapai jalan Goa Lawah. Pada pertigaan bypass menuju ke Denpasar/Gianyar maka kita belok ke kiri ,Jalan Kusanegara. 

Hingga berjumpa Pasar Kusamba belok kiri menuju Kampung Islam Kusamba terus hingga melewati mesjid lalu carilah KUA Kusamba. lurus terus di kiri jalan adalah makam Makam Habib Ali bin Abu Bakar bin Umar bin Abu Bakar Al Hamid.

1 comment:

  1. Assalamulaikum wb maaf ya mbak slmat menunaikan ibadah puasa y
    Kami mau kenalan ma mbak karena sering ziarah para wali boleh kan

    ReplyDelete