Ide Perjalanan Seru : Coba Travelling menyelusuri Sejarah Islam di Indonesia. 
Inilah 7 Alasannya 

Berlibur  menjadi agenda wajib yang harus dilakukan oleh manusia modern saat ini. Dengan adanya kemudahan aplikasi pemesanan tiket dan booking hotel menjadikan mudah dan murahnya perjalanan liburan. Ditambah lagi banyak sekali sumber informasi yang menceritakan suatu tempat berlibur tertentu. 

Laut, pantai , air terjun , bukit, gunung sering menjadi destinasi berlibur. Bagaimana dengan mencoba liburan dengan gaya yang berbeda yaitu dengan melakukan wisata budaya, menyelusuri sejarah Islam di Indonesia. Dengan mengadakan perjalanan selusur sejarah ini paling minimal 7 alasan yang bisa kamu rasakan :

1. Tidak hanya memanjakan mata tetapi juga memperkaya rohani dan menajamkan rasa spiritual

Berlibur tidak hanya untuk menyegarkan pikiran tetapi juga dapat berbentuk belajar hal - hal baru yang tidak sering diasah. Salah satunya adalah mengenai rohani dan spiritual. Berinteraksi dengan masyarakat Islam, menelusuri peninggalan sejarah Islam, belajar tawasuf dari ajaran nilai nilai kaluhuran dapat membawa menambah wawasan kita.




2. Bertambah pengetahuan dan budaya Nusantara

Indonesia terdiri dari ribuan pulau , penduduknya terdiri dari beraneka ragam suku bangsa. Mereka bersatu bukan hanya karena merasa satu bangsa , satu bahasa tetapi juga karena merasa memiliki sejarah keislaman yang sama.



3. Makin mengenal dengan masyarakat Indonesia yang Islami

90 persen masyarakat Indonesia menganut agama Islam. Tidak seperti masyarakat di perkotaan besar, banyak daerah yang memiliki adat istiadat keislaman yang kental. Diwujudkan dengan prosesi, ritual dan benda benda bersejarah yang teguh dipegang turun temurun dari ratusan tahun. 



4. Memahami Islam di Nusantara yang berbeda dengan Islam garis keras

Islam di Indonesia disebarkan dengan cinta kasih bukan dengan peperangan dan darah. Tidak ada penaklukan yang ada adalah adanya kerja keras waliyuallah para pendakwah Islam di Nusantara dengan lagu, gamelan , tari , seni arsitektur dan lain-lain. Coba cari dan temukan sendiri bagaimana kreatifnya mereka.



5. Makin mencintai Islam

Ketika Islam tidak hanya menghapal ayat, melakukan berbagai ritual wajib dan sunah tetapi juga banyak pelajaran tentang tawakal, sabar, berbagi, berdakwah yang bisa dipelajari dari ajaran Wali Allah yang sudah berakulturasi dengan budaya Indonesia.



6. Mendapatkan penemuan - penemuan sejarah yang tidak ada di bangku sekolah

Tidak semua pelajaran agama diajarkan di sekolah. Terdapat beberapa fakta yang tidak dijelaskan melalui kurikulum. Kita harus mencari dan mencari apa saja sejarah dan pengetahuan yang berserakan

Salah satunya adalah terdapat tempat di Indonesia yang pernah didatangi sahabat Nabi Muhammad SAW, salah satu dari Khalifaurasyidin, Sayyidina Ali bin Abi Thalib



7. Jelajah daerah baru dengan spot spot foto yang pastinya bisa langsung di update ke sosial media 


Selusur sejarah Islam tidak hanya berada di mesjid, perkampungan Islam tetapi juga naik ke atas gunung guys. Karena banyak sekali situs sejarah yang tersembunyi dan terpelihara.

Salah satunya adalah dengan mendaki gunung keramat Agung di Kebun Raya Bedugul, Bali. Situsnya apa? silahkan mencari informasi sendiri

Happy travelling and exploring! 

*Photo courtesy of +Andini Kusumadewi 

No comments:

Post a Comment