Legenda Candi Prambanan dan Kisah Balong Keramat Darma Loka, Kuningan(Edisi Ziarah Wali Allah Kuningan, Jawa Barat)


Situs peninggalan leluhur Nusantara banyak dikaitkan dengan kisah legenda bagaimana pembuatan bangunan tersebut. Salah satunya legenda yang berkaitan dengan Candi Prambanan. Kisah pembangunan Candi Prambanan di Yogyakarta yang dibuat hanya semalam oleh Bandung Bondowoso demi memenuhi sayembara Rara Jongrang. Sang pujaan hati yang cantik jelita, Rara Jongrang mensyaratkan kepada Bandung Bondowoso untuk membuat 1000 candi dalam semalam. 

Legenda tentang asal muasal terbuatnya Candi Prambanan yang berkaitan dengan Rara Jongrang dan Bandung Bondowoso tetap kita dengar hingga kini. Pada sejarahnya Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar dan termegah yang pernah dibangun di Jawa kuno, pembangunan candi Hindu kerajaan ini dimulai oleh Rakai Pikatan untuk menandai kembali berkuasanya keluarga Sanjaya atas Jawa. Bangunan ini pertama kali dibangun sekitar tahun 850 Masehi oleh Rakai Pikatan dan secara berkelanjutan disempurnakan dan diperluas oleh Raja Lokapala dan raja Balitung Maha Sambu.  


Di Kuningan, Jawa Barat terdapat legenda yang menceritakan tentang pembuatan sebuah kolam yang dibuat dalam waktu semalam yaitu kolam Darmaloka. Situs peninggalan leluhur, Balong keramat Darma Loka tersebut didibangun oleh seorang utusan Sunan Gunung Jati bernama Syeh Rama Haji Irengan atau Mama Haji Irengan sekitar tahun 1670 Masehi.

Syeh Rama Haji Irengan atau Mama Haji Irengan adalah waliyuallah yang dimakamkan di situs kolam Darmaloka, Kuningan, Jawa Barat. Dikisahkan Syeh Rama Haji Irengan atau Mama Haji Irengan membuat lima balong di kawasan Darma Loka dalam kurun waktu satu malam saja. Ke lima Balong tersebut adalah Balong ageung, Balong Bangsal, Balong Beunteur Balong Bale Kambang dan Sumber Air Cibinuang. 


Selain dibangun hanya dalam waktu satu malam, situs peninggalan Syeh Rama Haji Irengan atau Mama Haji Irengan memiliki tata letak taman air yang indah dan penuh unsur filosifis yang tinggi. Hal ini karena Syeh Rama Haji Irengan atau Mama Haji Irengan selain dikenal sebagai seorang ulama besar, beliau adalah seorang ahli arsitektur yang handal. Hal ini terbukti dengan keberhasilannya membangun kolam Darmaloka yang indah yang apabila dilihat dari atas susunan lima kolam tersebut jika dihubungkan membentuk lafadz “Muhammad”. 

Balong keramat Darma Loka bukanlah sebuah legenda semata tetapi adalah bukti karamah dari wali Allah Kuningan, Syeh Rama Haji Irengan atau Mama Haji Irengan. 

No comments:

Post a Comment