Makam Syech Rama Haji Irengan atau Mama Haji Irengan di Balong Keramat,Darma Loka (Edisi Wisata Ziarah Wali Allah Kuningan, Jawa Barat)

Pintu Gerbang Masuk Makam Syech Rama Haji Irengan
atau Mama Haji Irengan di Balong Keramat, Darma Loka, Kuningan

Perjalanan ke Kuningan hanya 30 menit bila dari Cirebon. Tujuan kami satu yaitu mengunjungi makam Syech Rama Haji Irengan atau Mama Haji Irengan. Letak makam Syech Rama Haji Irengan atau Mama Haji Irengan terletak di Darma loka, Kuningan. Sudah lama kami ingin mengunjungi Beliau. Niat itu muncul ketika awal tahun 2014 kami naik ke salah satu puncak Gunung Ceremai, Kuningan. Kami melihat adanya kolam disitu ketika kami bertanya kepada guide yang menyertai kami naik ke Gunung Ceremai, ia mengatakan itu adalah Balong Keramat, Darma loka dimana dimakamkan wali Allah Kuningan, Syech Rama Haji Irengan atau Mama Haji Irengan.

Kami mengunjungi makam Syech Rama Haji Irengan atau Mama Haji Irengan pada minggu 22 November 2014. Ketika itu pagi hari pukul 11 kami tiba dan keadaan masih sepi, turun hujan rintik perlahan. Ketika turun, kita akan segera dikerubung penjual roti pandan hijau. Ibu - ibu penjual roti pandan hijau menawarkan dagangan dengan mengatakan ini untuk makan ikan. Memang di Darma loka tempat Mama Haji Irengan dimakamkan terdapat kolam ikan yang memiliki sejarah tersendiri.

Pintu Masuk Makam  Syech Rama Haji Irengan
atau Mama Haji Irengan di Balong Keramat, Darma Loka, Kuningan

Untuk dapat masuk ke lokasi Darma loka kita diharuskan membayar tiket masuk seharga Rp. 5.000 per orang. Kemudian kuncen makam sudah menunggu di pintu masuk. Beliau akan mengantarkan kita ke lokasi makam dan membukakan pintu makam Syech Rama Haji Irengan atau Mama Haji Irengan. Harap berhati - hati ketika naik tangga menuju makam Syech Rama Haji Irengan atau Mama Haji Irengan. Karena jalanan licin akibat ditumbuhi lumut. 

Makam Syech Rama Haji Irengan atau Mama Haji Irengan sangat berwibawa dengan susunan batu sederhana yang masih terjaga keasliannya. Agar terjaga, nisan makam Syech Rama Haji Irengan atau Mama Haji Irengan ditutup dengan kain putih. Terdapat dua makam di lokasi makam Syech Rama Haji Irengan atau Mama Haji Irengan, makam Beliau berada di sisi kiri sedangkan makam di sisi kanan adalah makam sahabat beliau.

Makam  Syech Rama Haji Irengan
atau Mama Haji Irengan di Balong Keramat, Darma Loka, Kuningan
Dalam satu tulisan yang diunggah oleh AnNiza tentang Situs Sejarah dan Wisata Situs Balong Keramat Darma loka terdapat lima makam keramat di Situs Darma Loka selain makam Syech Rama Haji Irengan atau Mama Haji Irengan yaitu :

1. Makam Syech Rama Haji Irengan atau 
    Mama Haji Irengan

2. Makam sahabat Syech Rama Haji Irengan atau 
    Mama Haji Irengan (terletak di samping kanan 
    makam Syech Rama Haji Irengan atau Mama 
    Haji Irengan

3. Makam Rama Bukit

4. Makam Putri Sri Kuning

5. Makam Putri Sri Kembang

No comments:

Post a Comment