Tiga Lokasi Wisata Sejarah dan Ziarah di Pulau Derawan, Kabupaten Berau Kalimantan Timur (Edisi Wisata Alam dan Sejarah: Mencari Jejak Para Wali dan Leluhur Sholeh di Pulau Derawan)

Berkunjung ke Pulau Derawan di kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur sangatlah berkesan karena keindahan alam laut, pasir putih dan hewan - hewan laut seperti penyu hijau dan aneka ikan karang yang berwarna warni indah. Ketika kita berkunjung ke Pulau Derawan, wajib kiranya kita juga mengunjungi Pulau lainnya di sekitar Pulau Derawan, yakni Pulau Maratua, Kakaban , dan  Sangalaki yang ditinggali satwa langka penyu hijau dan penyu sisik.


Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur merupakan surga 
tropis yang sempurna

Pulau Derawan yang terletak di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur menyuguhkan wisata laut karena perairan sekitarnya terdapat taman laut sehingga kita bisa menyelam snorkeling atau wisata selam (diving) dengan kedalaman sekitar lima meter. Wisata lainnya yang wajib dijelajahi adalah wisata religi mengunjungi leluhur sholeh di Pulau Derawan ini.

Berwisata sejarah Pulau Derawan ini sangatlah mudah dapat ditempuh dengan berjalan kaki atau dengan menggunakan sepeda yang dapat disewa perjam Rp. 20.000. Jalan yang ditempuhpun sangatlah mudah karena hanya ada satu jalur saja. Ketika mencari informasi lokasi tempat ziarah sebelum keberangkatan ke Pulau Derawan kata kunci yang kami gunakan adalah wisata ziarah Derawan.


Bersepeda menjelajah Derawan

Sejarah mengenai makam di Derawan ini hanya berdasarkan penuturan masyarakat setempat tidak ada sebuah babad yang menjelaskan tentang siapa yang dimakamkan. Terdapat tiga lokasi makam bersejarah yang wajib untuk dikunjungi ketika berkunjung ke Derawan ini :

1. Makam Saba'ani atau Makam Pahlawan Tiga Negara




2. Makam Nisan Kuda



3. Makam Keramat keluarga Kesultanan Berau

                                              

No comments:

Post a Comment