Mengunjungi Mushola Al Karomah di Keramat Situ atau Setu Jatijajar (Edisi Mencari Jejak Wali Allah dan Tempat Bersejarah di Depok, Jawa Barat)

Situ atau Setu Jati Jajar yang berada di Kecamatan Tapos Kota Depok Jawa Barat seperti oase ditengah panasnya Kota Depok. Berbicara mengenai Situ atau Setu Jati Jajar banyak yang mengaitkan dengan restauran saung Sunda yang berada di pinggir Situ atau Setu Jati Jajar atau aktivitas warga yang memancing atau mengajak keluarganya berwisata air naik bebek dayung. 

Perjalanan Menuju Keramat Setu atau Situ Jati Jajar

Tak banyak diketahui mengenai sejarah keberadaan keramat Situ atau Setu Jati Jajar. Perjalanan menuju kesana haruslah melalui jalan berkelok di pinggir Situ atau setu yang hanya muat dilalui oleh satu mobil. Kemudian perjalanan ditempuh dengan berjalan kaki. 

Tiba di daerah keramat Situ atau Setu Jati Jajar , Tapos Depok, angin semilir berhembus. Sangat teduh dan tenang berada di sini. Dengan kehadiran mushola Al Karomah membuat yang datang untuk berdoa di keramat ini sangat nyaman. Selalu ada yang berjaga disini yaitu Pak Sumanta, Pak Oji atau Pak Iwan. 

Muhola Al Karomah di Pinggir Setu atau Situ Jati Jajar

Dari Mereka didapatkan informasi bahwa keramat Situ atau Setu Jati Jajar telah ada sejak dahulu. Tempat ini seperti dapat disebut petilasan karena banyak sekali wali Allah dan pejuang Islam yang berkunjung ke sini. Keramat Situ atau Setu Jati Jajar wilayah peperangan yang kemudian banyak pejuang Islam yang gugur karena mempertahankan kebebasan mereka dari Kolonial Belanda. 

Petilasan Keramat Setu atau Situ Jati Jajar

No comments:

Post a Comment