Waliyuallah, Pejuang Islam di Depok ditinjau dari Sejarah Depok pada Masa Kerajaan Sunda, Banten, Mataram (Edisi Mencari Jejak Wali Allah dimakamkan dan Tempat Bersejarah di Depok, Jawa Barat)

Bagiku daerah Depok adalah daerah yang spesial. Karena disitulah menghabiskan 3,5 tahun untuk berkuliah dan akhirnya bertemu kekasih yang kemudian menjadi suami di kampus yang berada di Depok. Setelah bertahun - tahun berselang setelah kelulusan kami, dan disaat kami merunut sejarah para waliyuallah pejuang Islam di Indonesia maka kami mencari siapa sajakah para wali Allah, pejuang Islam yang dimakamkan di Depok. 

Bagaimanakah sejarah Depok dan daerah - daerah tertentu yang memiliki nilai sejarah tidak hanya sekedar "ungkapan Belanda Depok". Beruntung kami diberikan informasi yang lengkap, informatif oleh kedua blog pendahulu yaitu pahlawan kali sunter dan historischen. Dari merekalah kami mengetahui betapa penting dan bersejarahnya Depok serta betapa banyaknya waliyuallah, pejuang Islam yang dimakamkan di daerah Depok.

Tim Ekspedisi "Selusur Sejarah Depok"
Mencari Jejak Wali Allah dimakamkan dan Tempat Bersejarah di Depok, Jawa Barat

Ekspedisi menjelajah Depok kami namai "Selusur Sejarah Depok". Perjalanan penjelajahan daerah Depok kami mulai dari Daerah Kebayunan, Tapos, Depok. Destinasi kedua adalah Daerah Keramat Herang di Tapos, Depok. Lalu menuju Situ Jati Jajar dan berakhir menyusuri kali Sunter untuk mencari mata air Sunter dan tempat Lie Suntek dimakamkan. 

Berikut adalah foto terbaru dari situs yang kami kunjungi pada 28 September 2014 :

1. Makam Ratu Pembayun
Roro Pembayun atau Ratu Pembayun adalah Sesepuh Tapos, Depok. Beliau adalah anak kesayangan dari Panembahan Senopati yang menjadi istri Ki Ageng Mangir. 

Makam Roro Pembayun, Sesepuh Tapos, Depok

2. Makam Tumenggung UpoSonto
Dikenal dengan Makam Patih Pembayun karena dimakamkan di area yang sama dengan Makam Ratu Pembayun, Tapos, Depok. Beliau adalah panglima perang Mataram. 

Makam Tumenggung UpoSonto di areal Pemakaman Ratu Pembayun
Tapos, Depok

3. Makam Keramat Ciherang, Tapos, Depok
Masih belum banyak sejarah yang bercerita mengenai sosok Beliau.

Makam Keramat Ciherang, Tapos, Depok

4. Situ Jati Jajar
Terdapat petilasan walisanga, Prabu Siliwangi dan juga danau yang airnya tidak kering walau kemarau panjang

Situ Jati Jajar yang disampingnya terdapat Petilasan para waliyuallah


5. Makam Mbah Dalem Kuning Lie Sun tek 

Merupakan bendaharawan kerajaan Banten 1682 yang dimakamkan di daerah Cilangkap, Depok, Jawa Barat


Masyarakat mengenal Beliau dengan Mbah Dalem Kuning Lie Suntek

6. Mata Air Sunter
Berada di Lemah Duwur, Cilangkap, Depok. Air dari mata air Sunter mengalir ke Sunter Podomoro dan menjadi tempat bersejarah karena merupakan tanda Lie Suntek dimakamkan

Mata Air Sunter di Lemah Duwur, Cilangkap, Depok

1 comment:

  1. Kalau mau Napak tilas lagi ikut dong, kebetulan aku tertarik dgn sejarah kali Sunter dan Mbah bayun dan kebetulan jg rumahku di depan makam Mbah bayun, bumi alam Tapos. Aku dah nyusurin kali Sunter tp k makam lie suntek gak ketemu Krn ga banyak warga yg tau. N aku malah baru tau di Ciherang itu ada makam Kramat jg

    ReplyDelete