Pesona dan Sejarah Masjid Jami' Malang, Jawa Timur

Masjid Jami' Kota Malang, Jawa Timur

Malang bumi shalawat itulah sebutan religius bagi kota Malang, Jawa Timur. Terkenal dengan Malang kota apel, kota Malang telah berkembang menjadi kota metropolitan kecil. Pembangunan hotel, restaurant, amusement park, sekolah dan apartemen yang pesat, membuat kota Malang tak pernah sepi.


Papan Keterangan Sejarah Masjid Jami' Kota Malang

Kota Malang, Jawa Timur yang terletak berbatasan dengan Gunung Arjuna, Gunung Semeru, Gunung Kawi dan Gunung Bromo membuat udara kota Malang sejuk dan segar. Kota Malang berkembang sejak kolonial Belanda memasuki Kota Malang tahun 1767 dan dibangunnya kereta api tahun 1879.

Berwisata di kota Malang tak lengkap bila hanya melakukan wisata kuliner dan wisata amusement park. Masyarakat Malang terkenal religius dan dinamis mengharuskan kita mengunjungi juga Masjid Jami' di alun - alun di pusat kota Malang, kawasan Kayu Tangan. Alamat Masjid Jami' Malang adalah Jalan Merdeka Barat no. 3 Malang, Jawa Timur.

Tiang Masjid Jami' Malang

Masjid Jami' Malang adalah salah satu Masjid tua di Jawa Timur. Merupakan Masjid "beryoni" tinggi di Jawa Timur selain Masjid Ampel, Surabaya dan Masjid Jami' Pasuruan. Kata "beryoni" diartikan sebagai kualitas tinggi. Dibangun pada tahun 1875, Masjid Jami' Malang mengalami beberapa kali perluasan yang menyebabkan perubahan bentuk luar masjid. Bagian dalam Masjid Jami' Malang nampak tetap terjaga terlihat dari tiang dalamnya. Jumlah tiang dalam Masjid Jami' Malang berjumlah 20 buah sebagai simbol sebagai simbol 20 sifat wajib Allah Subhanallahu wa ta’ala dan 4 tiang besar di depan sebagai simbol 4 sifat Nabi Muhammad.

No comments:

Post a Comment