Aura Keagungan Allah SWT di Masjid Jami' Malang, Jawa Timur

Masjid Jami' Malang tahun 1948
Masjid Jami' Malang yang terletak di alun - alun Kota Malang, Jawa Timur menjadi icon penting kota ini. Dibangun tahun 1875, Masjid Jami' Malang memiliki daya tarik sehingga banyak wisatawan berkunjung ke masjid ini.

Udara yang sejuk dan suasana yang nyaman membuat para pengunjung betah dan khusuk dalam beribadah di dalam Masjid Jami'. Aura tersebut tercipta berkaitan erat dengan tiang Masjid Jami' Malang.

Pengunjung khusyuk beribadah di Masjid Jami' Malang
Tiang-tiang ini adalah tempat utama untuk memanjatkan doa kepada Allah. KH. Kamilun, ketua Yayasan Masjid Jami bercerita ketika Beliau kecil, KH. Zaini pernah bercerita tentang keutamaan tiang-tiang ini. Keutamaannya adalah karena saat dibangunnya para pendiri berpuasa dengan khusuk, sampai-sampai setelah sholat jumat para sesepuh Masjid berebut untuk bersandar di tiang-tiang ini sambil memanjatkan pujian kepada Allah SWT.

Masjid Jami' Malang telah mengalami perubahan dan perluasan. Perluasan pertama Masjid Jami’ dimulai tanggal 15 Maret 1903 dan selesai 13 September 1903. Perluasan kedua tahun 1950, yang ketiga tahun 1980, keempat tahun 1992.

Masjid Jami' Malang tampak dari Alun -Alun tahun 2012
Pada tahun 2002 atas anjuran arsitek Perancis yang mengamati langsung kondisi bangunan, Masjid ini diperkuat sekaligus diperindah sampai sekarang. Bentuk dan ornamen Masjid Jami' Malang tetap dipertahankan nuansa Jawa atau “njawani” sampai sekarang, dimana dapat dilihat bentuk pintu, hiasan tembok dan ukiran-ukiran dari besi baja sejak pertama kali dibangun.

No comments:

Post a Comment