Dewi Karimah, Putri Ki Wiroseroyo, Ki Kembang Kuning dan Sunan Ampel (Edisi Wisata Sejarah Islam, Religi dan Ziarah Wali Allah Surabaya)


Perumahan di gang Kembang Kuning, Surabaya

Bercerita mengenai kisah Sunan Ampel (Ali Rahmatullah) tak akan terlepas dari sosok Ki Wiroseroyo atau yang dikenal dengan Mbah Karimah. Ali Rahmatullah inilah yang kelak lebih dikenal sebagai Sunan Ampel adalah cucu Raja Campa, putra kedua pasangan Syekh Ibrahim Asmarakandi dan Dewi Candrawulan. Ayahnya, Syekh Ibrahim, adalah seorang ulama asal Samarkand, Asia Tengah. Kawasan ini melahirkan beberapa ulama besar, antara lain perawi hadis Imam Bukhari. 

Syekh Ibrahim berhasil mengislamkan Raja Campa. Ia kemudian diangkat sebagai menantu. Sejumlah sumber sejarah mencatat silsilah Syech Ibrahim dan Sunan Ampel (Ali Rahmatullah) tersambung kepada Nabi Muhammad SAW dari Imam Husein bin Ali bin Abi Thalib. Tarikh auliya karya KH Bisri Mustofa mencantumkan nama Rahmatullah sebagai keturunan Nabi ke-23. Sunan Ampel dikenal sebagai orang yang berilmu tinggi dan alim, sangat terpelajar dan mendapat pendidikan yang mendalam tentang agama Islam. 

Gapura di depan makam  Mbah Karimah atau Mbah Wiroseroyo atau Ki Kembang Kuning
Sunan Ampel juga dikenal mempunyai akhlak yang mulia, suka menolong dan mempunyai keprihatinan sosial yang tinggi terhadap masalah-masalah sosial. atas dasar itulah Ki Wiroseroyo menikahkan Sunan Ampel dengan anak gadisnya, Dewi Karimah. Beberapa sumber menyatakan Dewi Karimah sebagai istri pertama Sunan Ampel (Ali Rahmatullah) tetapi terdapat sumber pula yang menyatakan bahwa Dewi Karimah adalah istri kedua setelah Sunan Ampel menikahi Dewi Candrawati atau Nyi Ageng Manila. 

Dewi Karimah binti Ki Kembang Kuning (Ki Wiroseroyo), berputera: 

1. Dewi Murtasiyah/ Istri Sunan Giri 

2. Dewi Murtasimah/ Asyiqah/ Istri Raden Fattah 

3. Raden Husamuddin (Sunan Lamongan) 

4. Raden Zainal Abidin (Sunan Demak) 

5. Pangeran Tumapel 

6. Raden Faqih (Sunan Ampel 2)

Makam Mbah Karimah atau Mbah Wiroseroyo atau Ki Kembang Kuning
Ki Wiroseroyo atau yang dikenal dengan Mbah Karimah wafat pada tahun 1377 masehi. Beliau turut serta menyebarkan agama Islam di Surabaya. 

No comments:

Post a Comment