Istana Kaibon, Peninggalan Waliyuallah Banten

Menelusuri sejarah waliyuallah di Banten membuatku sungguh kagum. Mereka tidak hanya membangun sebuah padepokan tetapi juga mereka membangun sebuah sistem pemerintahan Islam yang lengkap dengan hukum syariah Islam, sistem perekonomian Islam yang didalamnya menciptakan mata uang dan sistem perdagangan Islam.

Istana Kaibon yang terletak di kawasan Banten Lama, Serang, Jawa Barat merupakan salah satu peninggalan kejayaan wali Islam di Indonesia. Mencari lokasi Istana Kaibon sangatlah mudah. Pertama - tama carilah lokasi wisata Banten Lama yaitu 10 km dari Kota Serang. Untuk masuk ke lokasi Istana Kaibon terdapat sebuah plang kecil di sebelah kiri Jalan Karangantu. Letak Istana Kaibon terletak di seberang makam Maulana Yusuf.
 




Masuk 500m dari Jalan Raya Karangantu terdapat dua jalan yang bercabang. Kita mengambil jalan yang ke kiri bukan lurus (bila lurus maka menuju pintu tol Serang Timur). Di sebelah kiri langsung terlihat hamparan puing - puing peninggalan Istana Kaibon. Ketika berada di Istana Kaibon, keindahan dan kemegahan masih dapat dirasakan di istana yang dihancurkan Belanda pada tahun 1832 ini. 


Istana Kaibon dibangun untuk Ibu Asyiah, Ibu dari Sultan Banten terakhir yaitu Sultan Saefuddin yang makamnya berada di komplek pemakaman Boto Putih, Surabaya, Jawa Timur.

Istana Kaibon berasal dari kata 'keibuan' dibangun pada tahun 1815. 
 

No comments:

Post a Comment