Peninggalan Sejarah Raja Giri Kedaton ke 4, Sunan Prapen (Ziarah Wali Gersik)

Jalan Menuju Makam Sunan Prapen

Makam Sunan Prapen terletak di Komplek Makam Sunan Giri, Gersik, Jawa Timur. Terdapat banyak pilihan transportasi untuk bisa mencapai Makam Sunan Prapen termasuk mobil karena akses jalan cukup lebar. 

Kami memilih berjalan kaki untuk mencapai lokasi makam Sunan Prapen yang berjarak 200m dari makam Sunan Giri. Waktu tempuh adalah 10 menit hingga kami tiba lokasi makam Sunan Prapen yang berada di perbukitan Giri.

Perjalanan menuju makam Sunan Prapen sangat menyenangkan, pohon bambu yang rimbun di kanan kiri jalan membuat terik matahari siang tidak terasa dan angin berhembus semilir. 

Makam Sunan Prapen sangat terjaga keasriannya. Suasana khusyuk dan personal membuat peziarah nyaman untuk berlama - lama berdoa di Makam Sunan Prapen. Kawasan makam tersebut memiliki nilai agama dan nilai sejarah. 

Terdapat empat benda cagar budaya komplek situs Makam Sunan Prapen. Yang pertama, bangunan ukiran kayu jati pada dinding/gebyok bangunan makam Sunan Prapen. Kedua adalah bangunan ukiran kayu dan tembok dari batu sendi pada makam Kawis Guo. 

Ketiga, makam Panembahan Agung Giri dan yang terakhir situs Watu Anak, sejenis batu kali persegi panjang merupakan tempat duduk untuk munajat / berdoa pada Allah SWT dengan harapan untuk memperoleh keturunan.

Pintu Masuk Makam Sunan Prapen, Gersik

Dalam Babad Gresik disebutkan bahwa Sunan Prapen adalah Sunan Giri keempat yang memerintah kerajaan Giri Kedaton, tepatnya tahun 1548 sampai 1605 M. Merupakan anak dari Sunan Dalem penerus Giri yg ke 2, Sunan Sedo Margi, Sunan Prapen lahir tahun 1432 saka atau 1510 Masehi. 

Pada zamannya, Keajaan Giri Kedaton mencapai puncak kejayaan, bahkan disebut sebagai pusat politik religius, ekonomi, dan penyebaran agama Islam tidak hanya di Jawa, tapi juga ke pulau-pulau bagian Timur Nusantara. 

Kerajaan Giri kedaton dijadikan kiblat kerajaan Islam yang ada di nusantara saat pemerintahan Sunan Prapen. Kebesaran pengaruh Giri Kedaton dan Sunan Prapen, membuat raja-raja Kerajaan Pajang, Kerajaan Demak dan Kerajaan Mataram selalu minta restu ke Sunan Prapen untuk mendapatkan pengabsahan sebagai raja di tanah Jawa. 

Sebagai tokoh yang berpengaruh, Sunan Prapen disebut-sebut sebagai paus Islam dari VOC, karena beliau selalu memberikan berkah kepada raja-raja yang baru dinobatkan.

Makam Sunan Prapen

Sunan Prapen merupakan sosok raja Islam yang komplit. Beliau adalah seorang raja, pendakwah dan penyebar ajaran Islam serta seorang pujangga besar di masanya. Beliaulah yang menggubah kitab Asrar dan kemudian digunakan sebagai dasar menyusun Jongko Joyoboyo. 

Selain itu Sunan Prapen juga dikenal sebagai Mpu atau seorang pembuat keris. Karya di bidang pembuatan kerisnya yang terkenal adalah keris Angun-angun.

5 comments:

  1. sedikit info,klo makam sunan Papak dan pujangga di Rawalo banyumas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak atas informasinya..

      Delete
  2. Mohon Infonya, ada yang punya silsilah Suann Prapen ga ya?
    Thanks.

    ReplyDelete
  3. Sunan Papak yang ada di Makam Bayeman, Desa Banjarparakan, Kecamatan Rawalo, Kab. Banyumas, bukanlah makam, namun petilasan (jejak) Sunan Papak saat beristirahat di Rawalo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih banyak atas informasinya

      Delete