Wisata Religi Madiun: Ziarah Waliyuallah, Kyai Ngalimuntoha Muhammad (Mohammad) Besari

Makam Kyai Muhammad (Mohammad) Besari, Nglames, Madiun


Bagiku yang setiap tahun mengunjungi Madiun karena Madiun adalah kota dimana ayahku berasal nama Kyai Besari tidak asing lagi. Karena ayahku berasal dari sebuah desa yang bernama Balerejo dan setiap kali perjalanan dari pusat kota Madiun menuju rumah kakek dan nenekku aku selalu bertemu Kyai Besari. Pertemuan itu bukanlah pertemuan fisik tetapi pertemuan dengan papan nama petunjuk yang tertulis makam Kyai Ageng Mohamad (Muhammad) Besari.   


Petunjuk makam Kyai Muhammad (Mohammad) Besari di pintu masuk makam

Berpuluh - puluh tahun itu, aku bertemu dan kemudian menikah dengan Muhammad Faisal yang merupakan keturunan dari Kyai Besari. Kemudian setelah perjalanan ini aku mengetahui sahabatku, Andini Kusuma Dewi, sahabatku sejak di bangku sekolah merupakan keturunan dari Kyai Besari. Inilah yang membawa kami menggali lebih dalam mengenai Kyai Ageng Mohamad (Muhammad) Besari, yang hanya berjarak 5 generasi dari generasi suamiku.

Penelusuran Kyai Ageng Mohammad (Muhammad) Besari membawa kami bertemu dengan ahli waris dari Kyai Besari yaitu Eyang Sri Koeswati, Jakarta yang dengan kehangatan kekeluargaan bersedia menerangkan kepada kami bagaimana rupa dari mbah canggah dan cerita mengenai Kyai Ageng Mohamad (Muhammad) Besari. Satu hal yang di wanti - wanti (diingatkan) oleh Eyang Sri Koeswati adalah mengenai perbedaan Kyai Ageng Mohamad (Muhammad) Besari dengan Kyai Anom Besari / Kyai Kasan Besari / Kyai Hasan Besari / Kyai Ageng Imam Besari.

Nisan Kyai Muhammad (Mohammad) Besari dan istri

Apabila kita mencari di dunia maya ini informasi terlihat serupa tetapi tidak sama karena adanya kesamaan nama Besari tetapi perbedaan tempat. Kyai Ageng Mohamad (Muhammad) Besari dimakamkan di Ngalames, Madiun, Jawa Timur dan Kyai Anom Besari / Kyai Kasan Besari / Kyai Hasan Besari / Kyai Ageng Imam Besari dari Tegal Sari, Ponorogo. Kyai Ageng Mohamad (Muhammad) Besari yang memiliki wajah seperti foto di bawah ini adalah Kyai Besari asal Nglames, Madiun yang memiliki ayah Kyai Burhan. Berikut gambar diri beliau, yang diambil oleh seorang administratur Pabrik Gula, dekat Nglames, Madiun :

Kyai Ageng Ngaimuntoha Muhammad (Mohammad) Besari


Kyai Ageng Mohamad (Muhammad) Besari asal Nglames, Madiun memiliki nama asli Kyai Ngalimuntoha. Nama Mohamad (Muhammad) Besari adalah pemberian guru beliau. Besari adalah versi jawa dari gelar Ba'syar berasal dari asal kata bahasa Persia (Iran). Kyai Besari adalah seseorang yang memiliki ilmu yang luar biasa, salah satunya yaitu hafal al-Quran dan ilmu Tasawuf. Salah satu cerita kehebatan Kyai Ageng Mohamad (Muhammad) Besari adalah beliau tidak memiliki sawah tetapi lumbung beliau selalu penuh karena pemberian masyarakat sekitar yang mendatangi beliau untuk meminta didoakan kepada Allah perihal kesembuhan dan kesuburan tanah pertanian mereka.


Berziarah ke makam penuh karamah Kyai Muhammad (Mohammad) Besari

Photo's are courtesy of @andhienidewi and PetiteNia_

5 comments:

  1. Istriku juga konon keturunan kiyai ngalimuntoha moh besari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sedulur berarti kita Mas..
      rencana tanggal 15 agustus ini ada halal bihalal keluarga Besari..semoga bisa berjumpa yaa

      Delete
  2. Istriku juga konon keturunan kiyai ngalimuntoha moh besari.

    ReplyDelete
  3. Saya salah seorang Cangkah Kyai Mohammad Imam Besari, Cucu Kyai Imam Mukarar, dari Buyut Kyai Zainal Abidin. Waktu Sekolah di Nglames Madiun, dulu Gang Naiban dekat tangkis.

    ReplyDelete