Wisata Mojokerto Ziarah Waliyuallah: Biografi dan siapakah Syekh Jumadil Kubro (Syech Jumadil Qubro) berdasarkan Naskah Mertasinga

Makam Syekh Jumadil Qubro yang agung

Berbicara mengenai Syekh Jumadil Kubro (Syech Jumadil Qubro) kita berbicara mengenai penghulu para wali Allah dan penghulu para habaib di Nusantara Indonesia ini. Tokoh penting dalam penyebaran Islam di Indonesia ini bahkan memiliki 4 empat tempat yang dipercaya sebagai peristirahatan terakhir Syekh Jumadil Kubro (Syech Jumadil Qubro) yaitu di makam Troloyo berada satu lokasi dengan situs Trowulan Majapahit, Mojokerto, Semarang, Desa Turgo, Merapi, Yogyakarta dan Parang Tritis, Gunung Kidul, Yogjakarta. 

Saya kemudian mencari - cari mengenai empat tempat, yang saya dapatkan adalah banyak sekali peziarah yang datang ke makam Troloyo atau makam Tralaya untuk berziarah ke Syekh Jumadil Kubro (Syech Jumadil Qubro). Sehingga makam Syeh Jumadil Kubro menjadi salah satu obyek wisata religi di Mojokerto. Di  Desa Turgo, Merapi,Yogjakarta dekat Plawangan dan Parang Tritis, Yogja hanyalah petilasan (daerah yang pernah disinggahi beliau).

Areal Makam Syekh Jumadil Kubro dari depan
Mengenai makam Syekh Jumadil Kubro (Syech Jumadil Qubro) yang berada di Semarang belum saya dapatkan foto peziarah berkunjung kesana. Informasi mengenai Makam Syekh Jumadil Kubro di Semarang hanya seputar letak yaitu di jalan Yos Sudarso No. 1 Kelurahan Terboyo Kulon, Kecamatan Genuk dan acara doa bersama. 

Di makam Syekh Jumadil Kubro (Syech Jumadil Qubro) secara regular diadakan acara manakib  setiap malam Jumat Paing jam 19.00 dan pada acara peringatan Maulid Nabi sedangkan setiap Jumat Legi diadakan acara Mujahadah Kubro dan pengajian. Untuk Khaul Akbar diadakan setiap tahun sekali pada bulan Dzulhijjah Jumat terakhir dengan membawa maulidurrosul dan tahlil.

Mengenai Biografi dan siapakah Syekh Jumadil Kubro (Syech Jumadil Qubro) juga memiliki banyak versi sejarah. Nama asli dari  Syekh Jumadil Kubro (Syech Jumadil Qubro) terdapat dua versi yaitu Syeikh Jamaluddin al Husain al Akbar dan Syekh Jamaluddin Akbar dari Gujarat (Martin van Bruinessen,1994). Semua pendapat mengenai Biografi dan siapakah Syekh Jumadil Kubro (Syech Jumadil Qubro) mengarah pada 2 pendapat sejarah mengenai beliau termasuk silsilah beliau dan sejarah penyebaran Islam yang beliau lakukan.

Bagian dalam Makam Syekh Jumadil Qubro

Dalam penulisan biografi dan sejarah Syekh Jumadil Kubro (Syech Jumadil Qubro) saya berpegang pada naskah Mertasinga. Silsilah yang terdapat dalam Naskah Mertasinga ini saya dapatkan di buku Sajarah wali Syekh Syarif Hidayatullah Sunan Gunung Jati (Naskah Kuningan) karya H.R Amman N. Wahyu. 

Menurut Naskah Mertasinga, Syekh Jumadil Kubro (Syech Jumadil Qubro) merupakan kakek dari Raden Rakhmat (Sunan Ampel) dan uyut dari Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati) melalui garis ayah. Nama Syekh Jumadil Kubro (Syech Jumadil Qubro) yang terdapat di buku inipun hanya mencantumkan nama Jumadil Kabir. 

Nama asli beliau diambil dari sumber lain, yang menyatakan nama asli Syekh Jumadil Kubro (Syech Jumadil Qubro) adalah Zainul Husein atau Jamaluddin Husein Akbar.


Pada Naskah Mertasinga, Syekh Jumadil Kubro (Syech Jumadil Qubro) adalah cucu ke 18 Rasulullah Muhammad SAW melalui garis Imam Husein putra, Sayyidah Fatimah Az Zahra dan Imam Ali bin Abi Thalib. 

Pada Naskah Mertasinga tersebut juga terdapat nama Syekh Jumad yang merupakan kakek dari sunan Giri. Tetapi menurut sumber lain, nama asli Syekh Jumad adalah Syekh Majagung atau R. Nyingkara, adik dari istri Syekh Mustakim. 

Perjalanan dakwah Syekh Jumadil Kubro (Syech Jumadil Qubro) berakhir di Trowulan, Mojokerto. Beliau wafat tahun 1376 M, 15 Muharram 797 H. diperkirakan hidup di antara dua Raja Majapahit (awal Raja Tribhuwana Wijaya Tunggadewi dan pertengahan Prabu Hayam Wuruk).

Keberadaannya Syekh Jumadil Kubro (Syech Jumadil Qubro) di tanah Majapahit hingga ajal menjelang menunjukkan perjuangan Syekh Jumadil Kubro (Syech Jumadil Qubro) untuk menegakkan agama Islam di bumi Majapahit sangatlah besar. Bahkan saya berpendapat bahwa Syekh Jumadil Kubro (Syech Jumadil Qubro) menjadi saksi ketika Gaj Ahmad (Gajahmada) bersumpah amukti Palapa.

Melihat letak makam beliau di makam Troloyo, terlihat bahwa Syekh Jumadil Kubro (Syech Jumadil Qubro) memiliki dekat dengan pejabat kerajaan Majapahit. Beliau dimakamkan di tempat khusus, ditengah pejabat kerajaan antaranya adalah makam Tumenggung Satim Singgo Moyo, Kenconowungu, Anjasmoro, Sunan Ngudung (ayah Sunan Kudus).

Informasi Peta di makam Syekh Jumadil Kubro

Berikut Silsilah Syekh Jumadil Kubro (Syech Jumadil Qubro) menurut Naskah Mertasinga :


24 comments:

  1. ahkan saya berpendapat bahwa Syekh Jumadil Kubro (Syech Jumadil Qubro) menjadi saksi ketika Gaj Ahmad (Gajahmada) bersumpah amukti Palapa.


    Kalau masih hipotesa dan perkiraan jangan memastikan gan...negarakertagama saja tak menyebut2 demikian kok...

    ReplyDelete
  2. validasi angka tahun masih perlu dipertanyakan, berdasarkan versi lain memuat angka yang berbeda. dan mengenai silsilah jangan setengah setengah, kalau memang ada data yang valid, silahkan sedetil detilnya.

    ReplyDelete
  3. he... he.... menarik. Namanya sejarah tidak 100% tepat sasaran. wajar krn stastusnya penulis bukan pelaku sejarah. kalo penulis banyak sekali referensinya. Gajah Muda datang dan perginya sangat misterius. tdk tahu asal usulnya, pergi kemana tidak pula ada yang tahu. tapi sebagian ahli metafisik menyatakan bahwa Gajah Mada dari seberang "Sumatra" tepatnya suku Batak. ada juga yang mengatakan dari suku MADA di flores. tapi beberapa kali mengadakan mediasi secara metafisik, Gajah Mada adalah anak Raja Batak, yang sengaja di buang oleh keluarganya. krn ada ramalan bahwa kelahiran anak laki-laki pada saat itu ( Tahun itu) akan membahayakan negeri, maka siapa yang lahir laki-laki harus di bunuh. Maka Raja dan keluarganya menyembunyikan dan membuang kelaut Gajah Mada kecil, sampai beliau ke Tanah Jawa. Dan mewarisi kesaktian dari leluhurnya. tulisan saya ini juga jangan di percaya kalo ada keraguan. tapi inilah yang sy dapatkan mengenai diri Sang maha Patih Gajah Mada.

    ReplyDelete
  4. Ngawur banget gajah mada tidak jelas asal usulnya... metafisik belom mesti bener kali om... yg ngasih tau siapa itu? jin? jin kok dipercaya 100‰,, dilamongan ada makam ibunya gajahmada,, di desa modo... catet dulu gan... gajah modo itu aslinya org berbadan besar dari modo.. jaman dulu pake bahasa jawa kuno gan gak jauh beda ama bahasa jawa.. kyk mojopait.. kena bahasa indonesia jadi majapahit.. gajah modo kena bahasa indonesia jadi gajah mada... ojok ngawur lek nulis2 sejarah.. daripada menyesatkan org lain.. dan saya sendiri masih keturunan mojopait...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau anda apa juga gak yo podo ngawure......kalo anda benar2 keturunan mojopahit.....letak istananya dimana......? Kalau anda bisa menjawab berarti memang anda keturunan mojopahit....wes...wes kbh ngawor....makanya dengarkan dan renungkan omonganya Romo Sukarno..."Jasmerah"....

      Delete
  5. Pilah dan pilih,,,,, jadikan referensi sj,,,,,, sippp,,, ok bro yg koment sabarrrr,,,,

    ReplyDelete
  6. Kemeruh kabeh....golek benere dewe2....

    ReplyDelete
  7. Kemeruh kabeh....golek benere dewe2....

    ReplyDelete
  8. lebih identik dengan gajahmada sendiri yang wafat (muksa) makanya makamnya banyak, mungkin jugha
    he

    ReplyDelete
  9. yo seng ati ati rek nek crito masalah sejarah sebab crito iku dadi opini dok msyarakat seng dorong dewasa mensete

    ReplyDelete
  10. Hahhaha... Moco komen-e wong2 iki dadi kemekelen. Lha kabeh njaluk bener dewe2.
    Wis ah embuh dee pakdhe....

    ReplyDelete
  11. Ra sah mikir tow booooos soal gajah mada dari mana asal usulnya , kita hormati semuuanya yang punya pendat soal Gajah mada ,pendapat kita tampung biar di buatkan No tulen sama kang maman Ok

    ReplyDelete
  12. gajah mada itu bukan nama orang tapi raja hayam wuruk punya motto .namanya sumpah pallapa. dalam sumpah tersebut raja hayam wuruk menyebut pasukan dalam menyatukan nusantara dia sebut pasukan GAjah MADA .makanya gak usah berdebat gajah mada itu buanyaaaak .paham ya semua termasuk tetanggaku keturunan gajah mada.

    ReplyDelete
  13. Gak gitu jg gan , aku stuju jg ama bang Imron, kadang cerita jadi tutur tinular dlm artian opini masyarakat sebagai bahan omongan medang di warung. .
    Tp gak usah debat argumen, kl para agan2 kurang yakin ya diabaikan saja. . . Oce!

    ReplyDelete
  14. oooalah....kok tambah akeh wong pinter...
    1.pinter ngawur...
    2.pinter mbijuk...
    3.pinter umuk...
    4.pinter usil...

    ReplyDelete
  15. , nk pngn mudeng takok.o karo sejarawan. op entenono pas hari kebangkitan. ben isoh takok lngsng mby tokoh.e kui. ddy ben rr udur tros

    ReplyDelete
  16. Jika menyajikan tulisan sebaiknya yg aseli misal versi mertasings ya mertasinga aja sebab mertasinga belum tentu absah n valid apalagi dicampur aduk mk pakailah cara2 yg etis berpendidikan n martin v bruinessen sudah meralat dg email ke aku aseli bahwa isyu jamaludin akbaradanya abad 20 pertengahan menurutku sejak kh s jamaludin assegaf (dikutip shohibul faroji azmatkhan)mengambil data dari mufti patani bahwa la madu silla dislamkan tanpa tahun tanpa pengislam yg dg khayal ditulis kh s jamaludin assegaf tokoh itu jamaludin akbar khayal dari kehilafan adanya di ker gowa datang dr persia meruwat/ruqyah kerajaan gowa dg simbol syiah imamiyah(mungkin jamaludin husyein dari persia anak jumadil kubro jawa at cucu syeikh thanauddin)n ygvmenikah dg puteri lintang cahaya itu husein jdi raja digelar jamaludin jd raja champa digelar kabir jdlah husein jamaludin kabir lahir 1326 n mungkin muhammad jumadil kubro bin muhammad jamaludin akbar si jumadil kubro ikutvrombongan pamannya si husein jamaludin kabir

    ReplyDelete
  17. Ibu muhammad jamaludin akbar lahir di malabar gujarat th 1310m adalah wanita uzbekistan n ibu jumadil kubro anak nizamul muluk jd jamaludin akbar beda dg jumadil kubro n beda dg husein jamaludin kabir lahir 1326 diagra delhi tolong jg mencampur aduk data n terima kasih

    ReplyDelete
  18. Di Malaysia juga ramai silsilah Jamadil Qubro

    ReplyDelete