Makam Waliyuallah Pangeran Papak,  Adipati Tanjung Jaya di Jakarta Utara




Makam Pangeran Papak, Adipati Tanjung Jaya terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara. 

Terkenal dengan nama makam keramat Pendongkelan (yaitu daerah tempat dimana Pangeran Papak,  Adipati Tanjung Jaya dimakamkan). 

Letak makam Pangeran Papak,  Adipati Tanjung Jaya apabila dari Pasar Senen adalah di kiri jalan setelah lampu merah cempaka putih. Setelah traffic light ambil lajur kiri tapi bukan ke daerah cawang tetapi lurus ke arah Kelapa Gading (Jalan Perintis Kemerdekaan).




Lokasi makam keramat Pangeran Papak,  Adipati Tanjung Jaya di dekat halte busway koridor halte busway Pendongkelan sebelum halte busway ASMI. Terdapat rumah dan pohon besar yang teduh.
Lapangan parkir di makam keramat Pangeran Papak, Adipati Tanjung Jaya  cukup luas dapat menampung tak kurang 4 mobil dan motor. 




Meski tak banyak yang mengetahui makam keramat Pangeran Papak,  Adipati Tanjung Jaya di Pendongkelan Jakarta Utara, tetapi banyak peziarah yang berkunjung. 

Nama pangeran Papak nampaknya adalah sebuah gelar. Pangeran Papak yang dimaksud pada Makam Keramat Pedongkelan, adalah Adipati Tanjung Jaya. Beliau adalah salah satu dari Tujuh Wali Betawi.

No comments:

Post a Comment