Perjalanan Wisata Ziarah Wali Allah dan Mengunjungi Situs Islam di Pulau Lombok

Pada akhir liburan Idul Fitri 2014 kami memutuskan untuk menjelajah Pulau seribu masjid yaitu Pulau Lombok. Pulau Lombok adalah sebuah pulau di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelatbarat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa

Kegiatan yang biasa wisatawan lakukan apabila mengunjungi Pulau Lombok adalah mengunjungi pantai, berlayar ke pulau - pulau kecil seperti gili air, gili trawangan dan lainnya, diving atau naik gunung vulkanik aktif tertinggi kedua tertinggi di Indonesia, Rinjani. Tidak banyak wisatawan yang sengaja khusus untuk melakukan wisata religi atau berziarah wali ke Pulau Lombok.


Hal ini dikarenakan tidak adanya pengelompokan golongan wali yang terkenal luas seperti Walisongo di Pulau Jawa atau Wali Pitu di Pulau Jawa. Sehingga wisatawan tidak mengetahui adanya tempat atau makam berkaromah. Tidak berarti dengan tidak adanya golongan wali di lombok menandai sedikitnya wali Allah di Pulau Lombok. Terdapat banyak makam waliyuallah di Lombok, masjid - masjid yang berusia ratusan tahun tuanya dan ritual adat yang berkaitan dengan ajaran Islam yang tetap dilaksanakan dari tahun ke tahun.


Wisata religi di Pulau Lombok dengan mengunjungi makam Wali, mesjid - mesjid tua dan mengikuti ritual sangat menarik untuk dilakukan. Masyarakat Lombok sebagian besar merupakan Suku Sasak yang beragama Islam. Mereka menjaga dengan sunguh - sunguh peninggalan leluhur dan tokoh Islam di daerah mereka serta mempertahankan ritual tradisi. 

No comments:

Post a Comment