Habib Muhammad kecil atau Habib Muhammad Asghar dan Penyebaran Islam di Jayapura, Papua (Edisi Ziarah Makam Waliyuallah Jayapura)

Gapura Gang Menuju
Makam Habib Muhammad Kecil atau Habib Muhammad Asghar
Hujan ringan jatuh di Jayapura, Papua. Tidak menyurutkan niat kami mencari makam Habib Muhammad kecil atau Habib Muhammad Asghar, waliyuallah Jayapura, Papua sering didatangi dan diziarahi. Berdasarkan artikel di blog masjidq, tibalah kami di Jalan Sam Ratulangi tepatnya di belakang bekas Kantor asuransi di APO.

Dengan berbekal payung, kamipun memasuki daerah berbukit yang padat penduduk. Sekilas pemandangan tampak seperti di Hongkong dimana rumah -rumah penduduk berada di perbukitan. Kami susuri jalan lurus saja, tibalah kami di pekarangan rumah yang terdapat makam Habib Muhammad kecil atau Habib Muhammad Asghar, waliyuallah Jayapura, Papua.

Kami sempatkan mengobrol dengan penjaga makam wali Allah, Habib Muhammad kecil atau Habib Muhammad Asghar. Ketika kami bertanya apakah ada peninggalan Beliau, Ibu penjaga tersebut menggelengkan kepala. Dia menyebutkan yang Ada hanya mushala diatas bukit, tua tetapi tidak tahu peninggalan siapa.

Komplek Makam Makam Habib Muhammad Kecil atau Habib Muhammad Asghar

Sejarah mengenai wali Allah, Habib Muhammad kecil atau Habib Muhammad Asghar hanya kami dapat dari artikel blog masjidq yang mengatakan Beliau masuk ke Jayapura, Papua pada tahun 1867 setelah berada di Tidore selama lebih setahun.

Wali Allah Papua di Jayapura Almarhum Habib Muhammad kecil atau Habib Muhammad Asghar membangun madrasah dan mushollah pertama di kota Jayapura. Murid Beliau ataupun santri bukan hanya terbatas dari kota Jayapura tapi juga berasal dari Serui dan Sarmi. Setelah Beliau meninggal pada tahun 1908 dengan di sebabkan sakit kolera selama kurang lebih 1 bulan.

Makam Habib Muhammad Kecil atau Habib Muhammad Asghar
Wali Allah di Jayapura Penyebar Agama Islam di Papua

No comments:

Post a Comment